Buaya Muara kembali diamankan di Desa Mamala

(Kamis,14 Maret 2019), Seekor buaya muara berjenis kelamin jantan, dengan panjang sekitar 1,2 meter muncul di Sungai Air Besar, Desa Mamala, Kab. Maluku Tengah. Informasi dari warga bahwa buaya sudah terlihat seminggu yang lalu.

Pada Rabu, 13 Maret 2019, buaya tersebut diamankan oleh warga dan diserahkan kepada petugas BKSDA Maluku. Saat ini buaya dievakuasi ke kandang karantina di Desa Passo. Untuk nantinya akan dilepasliarkan ke habitatnya, akan direhabilitasi dahulu beberapa hari untuk mengobati luka jerat di bagian kepala.

Hari ini, petugas BKSDA Maluku bersama warga Desa Mamala berencana akan melakukan investigasi dan penyisiran ke TKP untuk mencari kemungkinan masih adanya buaya lainnya karena diduga sebenarnya Sungai Air Besar bukanlah habitat buaya.

Terkait sering munculnya buaya ini, kami menghimbau kepada warga yang melakukan aktifitas keseharinya di Sungai Air Besar untuk berhati-hati terutama di malam hari karena buaya sifatnya nokturnal artinya aktif di malam hari.

Kepada warga dihimbau jika menemukan adanya kemunculan atau keberadaan buaya agar disampaikan kepada petugas atau melaporkan melalui call center BKSDA Maluku 085244440772. 
Hal ini penting karena buaya muara merupakan salah satu satwa liar yg dilindungi undang undang.

Please follow and like us:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password