Cagar Alam Pulau Seho

Status Hukum : Penunjukan CA Pulau Seho dengan Surat Keputusan Mentan No. 492/Kpts/Um/10/1972 tanggal 14 Oktober 1972 dan ditetapkan sebagai CA dengan Surat Keputusan Menhut No.320/Kpts-II/1987 tanggal 10 Desember 1987.
Luas Kawasan : Luas kawasan CA Pulau Seho 1.250,00 Ha
Iklim :
Tata Batas :
Jumlah Desa/Penduduk di Dalam dan Sekitar Kawasan :
Kondisi Fisik : Cagar Alam Pulau Seho ini terletak di Pulau Seho dengan luas 1.250 Ha. Secara administratif pemerintahan termasuk ke dalam Kecamatan Taliabu Barat, Kabupaten Maluku Utara. Pulau Seho mempunyai keadaan topografi yang datar sampai dengan 3 kilometer dari pantai, kemudian berbukit dengan ketinggian 0-426 meter di atas permukaan laut.
Potensi Flora dan Fauna : Flora : Merupakan ekosistem vegetasi hutan pantai sampai hutan dataran rendah. Didominasi oleh vegetasi matoa (Pometia pinnata), Anggrek alam dan family Palmacea
Fauna : Kera Bacan (Macaca nigra), Bayan (Electus roratus), Burung Raja (Cicinnurus regius), Kakatua Alba (Lorius garrulus), Perkicit Violet (Eos squamata), Nuri Ternate (Lorius garrulus), Burung Rangkong (Rhyticeros plicatus).
Potensi Wisata dan Jasa Lingkungan : Untuk rekreasi alam terbatas, mendaki gunung dan lain-lain.
Aksesibilitas : Dari Ambon ke Ternate dengan menggunakan pesawat udara dengan waktu tempuh sekitar 2 jam, atau dengan menggunakan kapal laut dengan waktu tempuh sekitar 18 jam. Selanjutnya dari Ternate ke Bacan, terus ke Falabisahaya, dofa dan bobong dengan menggunakan kapal perintis dengan waktu tempuh sekitar 24 jam, atau Dari Ambon melalui Namlea-Sanana-Bobong langsung ke kawasan Cagar Alam Pulau Seho dengan menggunakan kapal perintis dengan waktu tempuh sekitar 10 jam.
Potensi Masalah Kawasan : Penebangan liar, perusakan pal batas, perburuan satwa, dan perambahan kawasan oleh masyarakat.
Inventarisasi Potensi Kawasan : Belum ada
Rencana Pengelolaan : Belum ada
Kegiatan yang Pernah Dilakukan : Patroli pengamanan hutan
Pos Jaga :
Personil Polhut : 1 (satu) orang, ditangani oleh Resort Sanana.
Please follow and like us:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password