Dikabarkan Hilang, Seorang Anak Dilahap Buaya Muara

Papan Himbauan Bahaya Buaya
Ilustrasi Papan Himbauan Bahaya Buaya BKSDA Maluku. Sumber : BKSDA Maluku

(Buru, 08 April 2020). Telah hilang seorang anak kecil disekitaran Pantai Waemangit Kecamatan Air Buaya Kabupaten Buru, hilangnya anak tersebut diperkirakan akibat terseret arus laut. Tim gabungan dari Satpolair Pulau Buru, Koramil Air Buaya, Polsek Air Buaya, aparat Desa Waemangit dan dibantu oleh masyarakat sekitar melakukan pencarian dengan cara menyisir diseputaran perairan Pantai Waemangit, namun dari hasil pencarian tidak berhasil menemukan korban tersebut.

Keesokan harinya, pencarian kembali dilanjutkan dengan target lokasi masih disekitaran Perairan Pantai Waemangit. Pukul 17:30 WIT tim gabungan menemukan satu ekor buaya sedang berenang di sekitaran Pantai Waemangit, merasa curiga akan keberadaan buaya tersebut serta lokasi keberadaannya yang dekat dengan pemukiman penduduk maka tim gabungan mengambil keputusan untuk menembak buaya tersebut.

Sekitar pukul 18.00 WIT, buaya tersebut berhasil dilumpuhkan dan terdampar di sekitaran Telaga Waibuna sekitar 1 km dari lokasi penemuan pertama. Selanjutnya buaya tersebut di amankan kedarat yang kemudian petugas membelah perut buaya dengan menggunakan parang, dari hasil pembedahan tersebut ditemukan seorang anak kecil dalam keadaan meninggal dengan kondisi tercabik-cabik.

Malam itu korban dimakamkan di tempat pemakaman umum yang berada di Desa Waimangit. Pemusnahan terhadap bangkai buaya tersebut dilakukan keesokan harinya. Hampir seluruh sungai dan muara yang berada di wilayah Air Buaya merupakan habitat asli buaya, oleh karena itu untuk menjaga agar kejadian tersebut tidak terulang kembali maka dari pihak Balai KSDA Maluku berencana akan memasang papan himbauan/peringatan dilokasi yang menjadi habitat buaya.

Sumber : Kacuk Seto Purwanto (POLHUT BKSDA Maluku)

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *