Suaka Margasatwa Gunung Api Kisar

Status Hukum : Kawasan hutan Gunung Api Kisar ditetapkan sebagai kawasan Suaka Margasatwa dengan Staatsblad No. 157 tanggal 12 Maret 1937 dengan luas 80 ha.
Luas Kawasan : Luas kawasan SM Gunung Api Kisar 80,00 Ha
Iklim :
Tata Batas : Belum ditata batas. Menurut peta penunjukan kawasan hutan dan perairan Propinsi Maluku (Lampiran SK Menhut No. 415/Kpts-II/1999 tanggal 15-06-1999) bukan merupakan hutan konservasi. (Sumber : BPKH Wilayah IX Ambon, 4 November 2009)
Jumlah Desa/Penduduk di Dalam dan Sekitar Kawasan :
Kondisi Fisik : Suaka Margasatwa Gunung Api Kisar terletak di Pulau Kisar Kecamatan Pulau-Pulau Terselatan, Kabupaten Maluku Tenggara.
Potensi Flora dan Fauna : Hutan alam jenis Eucalyptus sp , selain itu juga terdapat jenis satwa seperti Kus-Kus (Phalanger maculatus), Rusa (Cervus timorensis), dan lain-lain. Kawasan ini juga merupakan tempat bersarang/bertelurnya burung-burung laut serta tempat migrasi burung-burung berasal dari Australia pada waktu-waktu tertentu (musim salju di Australia).
Potensi Wisata dan Jasa Lingkungan : Wisata alam minat khusus terbatas
Aksesibilitas : Cara mencapai kawasan Suaka Margasatwa Gunung Api Kisar dapat ditempuh dengan cara : Dari Ambon ke Tual dengan menggunakan pesawat (1,5 jam) atau dengan menggunakan kapal laut (1 hari). Selanjutnya dari Tual – Saumlaki – Tepa – Kisar dengan menggunakan kapal perintis (2 hari) dan dari Kisar dilanjutkan ke Suaka Margasatwa Gunung Api dengan menggunakan motor carteran (8 jam).
Potensi Masalah Kawasan :
Inventarisasi Potensi Kawasan : Belum ada
Rencana Pengelolaan : Belum ada
Kegiatan yang Pernah Dilakukan :
Pos Jaga : Belum ada
Personil Polhut : Belum ada
Please follow and like us:

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password