Sukarela, 2 Ekor Burung Nuri Maluku Diserahkan Oleh Anggota TNI-AD

Proses penyerahan burung Nuri Maluku oleh bapak Salman (tengah) kepada Plt Kepala Balai (kanan) dan disaksikan oleh Pak Seto selaku staf fungsional POLHUT (kiri). Foto : Dok. BKSDA Maluku

Ambon, 04 Mei 2020. Pukul 11:00 WIT, bertempat di Kantor Balai KSDA Maluku, telah dilakukan penyerahan secara sukarela satwa liar yang dilindungi kepada pihak Balai KSDA Maluku berupa 2 (dua) ekor burung Nuri Maluku (Eos bornea) milik salah seorang anggota TNI-AD Pangdam XVI/Pattimura yang bernama Salman dengan alamat di Asmil PHB Hubdam XVI/Pattimura. Kegiatan penyerahan satwa tersebut diterima langsung oleh Plt. Kepala Balai dan disaksikan oleh beberapa orang staf fungsional dan pegawai.

Burung-burung tersebut merupakan hasil pemberian dari masyarakat Negeri Morella Kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah, serta sebagai ucapan tanda terima kasih dari masyarakat kepada anggota TNI-AD yang sudah membantu pembuatan sarana kebersihan di wilayah tersebut. dari hasil pembicaraan dengan anggota TNI tersebut diketahui bahwa di wilayah hutan atau kebun di Negeri Morella dan sekitarnya masih banyak dijumpai burung-burung liar seperti jenis Nuri Maluku (Eos bornea), Nuri Pipi Merah (Geoffroyus geoffroyi) dan beberapa jenis burung Pombo/Pergam Laut (Ducula bicolor).

Dari hasil pemeriksaan fisik terhadap ke 2 (dua) ekor burung tersebut diketahui bahwa burung tersebut dalam kondisi yang sehat namun ada beberapa bulu sayap yang rusak yang diakibatkan gesekan sewaktu burung-burung tersebut berada di dalam sangkar, selain itu sifat burung-burung tersebut sudah agak jinak kemungkinan burung tersebut sudah dipelihara cukup lama.

2 ekor burung Nuri Maluku yang diserahkan. Foto : Dok. BKSDA Maluku

Saat ini burung tersebut sudah diamankan di Kandang Transit Passo Kota Ambon dan sudah ditangani oleh dokter hewan untuk menjalani proses pemeriksaan kesehatan, karantina dan rehabilitasi sebelum burung-burung tersebut dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya.

Sumber : Kacuk Seto Purwanto – POLHUT Balai KSDA Maluku

Please follow and like us:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *